Thursday, November 1, 2012

ULAR SAWA TERBESAR DI DUNIA



Bookmark and Share

Seekor ular jenis sawa batik (Phyton reticulatus) dalam keadaan mati dan diangkat menggunakan ekskavator, membuatkan heboh pengguna Facebook  dan dunia siber.
Menurut pengakuan seorang yang mem-posting foto ular raksasa ini di Facebook, foto ini dia dapatkan dari seorang rakannya yang bekerja di perusahaan kontraktor pembalakkan.

“Lokasinya di Tanah Hulu, dekat Kotabangun, Kutai Kartanegara. . Saya hanya diberitahu seperti itu. Soal benar atau tidaknya, saya juga tak dapat memastikan,” ujar Mardiono, warga Balik papan yang mem-posting foto ular sawa raksasa ini.

Hutan pedalaman Kalimantan  masih dihuni ular raksasa yang panjang panjangnya boleh mencapai belasan meter. ular sawa hidupnya tersebar dari Afrika sampai ke Asia Tenggara. Dari semua jenis ular sawa, yang terpanjang adalah Phyton reticulatus yang ditemukan di semenanjung asia tenggara sampai ke Sulawesi.

Ular jenis reticulatus ini dikenal sebagai sawa kembang, sawa batik, atau ular sawah. Panjangnya boleh mencapai belasan meter. Phyton burma dan Phyton bola (Ball Phyton) ukurannya tidak sepanjang reticulatus yang banyak terdapat di hutan semula jadi Indonesia.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...